Laman

Minggu, 23 Oktober 2011


City Runtuhkan Keangkeran Old Trafford



Manchester - Hingga pekan kedelapan musim ini, Old Trafford masih jadi tempat angker buat lawan-lawan Manchester United. Namun, Manchester City berhasil meruntuhkannya lewat kemenangan telak 6-1 atas "Setan Merah".

Siapa yang tak tahu kehebatan MU kala bermain di kandangnya. Musim lalu mereka tak sekali pun menelan kekalahan di Theatre of Dreams.

Musim ini pun, skuad asuhan Sir Alex Ferguson masih tetap di Old Trafford. Sebelum bertemu City, mereka selalu menang dalam empat laga kandang, termasuk mempermalukan Arsenal 8-2.

Namun, kondisi berbalik 180 derajat saat MU menjamu City, Minggu (23/10/2011). Superioritas bukan lagi milik MU, tapi milik tim tamu.

Tak main-main, The Citizens melesakkan enam gol ke gawang De Gea. MU sendiri cuma berhasil membalas sebiji gol.

Manchester United 1, Manchester City 6.

Jalannya pertandingan

Pada menit-menit awal, laga berjalan cukup ketat. Kedua tim sempat kesulitan untuk membongkar pertahanan lawan dan menciptakan peluang-peluang berbahaya.

Saat laga berusia 22 menit, kebuntuan akhirnya terpecahkan. Diawali umpan terobosan David Silva kepada James Milner yang bergerak di sayap kiri, bola kemudian dioper ke Balotelli yang berdiri di tengah kotak penalti. Dengan brilian, Balotelli melepaskan tembakan menyusur tanah di luar jangkauan David De Gea.

Gol Balotelli membuat tempo pertandingan langsung meningkat. MU sempat mendapatkan peluang lewat percobaan Ashley Young dari luar kotak penalti pada menit ke-27. Namun, arah bola masih melebar.

Usaha serupa dilakukan oleh Anderson pada menit ke-34. Namun, tendangan gelandang asal Brasil itu masih mengarah ke pelukan kiper Joe Hart.

Rapatnya pertahanan City membuat MU banyak mengandalkan tembakan dari jarak jauh. Misalnya, sebuah tembakan Rooney pada menit ke-36 yang masih mudah dijinakkan oleh Hart.

Hingga turun minum, kedudukan tak berubah. City masih unggul 1-0.

Babak kedua baru berusia satu menit, MU sudah kehilangan salah seorang pemainnya. Jonny Evans diusir wasit usai menjatuhkan Balotelli di depan kotak penalti. Meski pelanggaran tidak keras, pelanggaran Evans terhadap Balotelli tetap berbuah kartu merah karena Evans adalah pemain terakhir sebelum kiper.

Gawang City sempat terancam pada menit ke-54. Beruntung buat City, bola sapuan Milner yang mengenai kaki Young arahnya masih di damping gawang Hart.

Enam menit kemudian, Balotelli membukukan gol keduanya. Lagi-lagi, gol ini diawali kombinasi cantik Silva-Milner. Nama terakhir melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang tanpa kesulitan dicocor Balotelli ke dalam gawang.

Pada menit ke-69, gawang MU kembali jebol. Lewat proses yang mirip gol kedua, kali ini umpan Micah Richards berhasil disontek Sergio Aguero ke gawang De Gea.

Satu menit kemudian, Edin Dzeko yang baru masuk nyaris menambah keunggulan City. Beruntung buat MU, sepakan striker asal Bosnia itu masih tipis di samping gawang.

Dzeko kembali mengancam gawang MU pada menit ke 78. Mendapat umpan matang Silva, Dzeko yang berdiri tanpa kawalan gagal mencetak gol karena tembakannya bisa dihalau De Gea dengan kakinya.

"Setan Merah" memperkecil ketertinggalan pada menit ke-81. Setelah bermain umpan satu-dua dengan Javier Hernandez, Darren Fletcher mencetak gol lewat tembakan terukur ke pojok atas gawang City.

Semenit jelang berakhirnya waktu normal, Dzeko mengubah kedudukan jadi 4-1. Dari situasi sepak pojok, bola sundulan Gareth Barry jatuh di kaki Joleon Lescott. Kemudian, Lescott mengoperkannya ke Dzeko yang tak kerkawal. Sekali sontek, gawang Mu jebol.

Injury time tak menghentikan keganasan City. Anak buah Roberto Mancini mencetak dua gol lagi pada masa ini.

Gol kelima City dicetak oleh Silva. Mendapat umpan terobosan Dzeko, playmaker asal Spanyol itu melakukan penetrasi ke kotak penalti MU sebelum dengan dingin menaklukkan De Gea.

Dzeko akhirnya menggenapi kemenangan besar City. Memenangi duel sprint melawan bek-bek MU, Dzeko tanpa kesulitan mengirim bola ke gawang MU lewat tembakan terukur.

Peluit panjang berbunyi, City menang telak 6-1.

Susunan pemain:
Manchester United: De Gea, Evra, Ferdinand, Evans, Smalling, Fletcher, Anderson (Jones 66'), Nani (Hernandez 66'), Young, Rooney, Welbeck

Manchester City: Hart, Richards, Kompany, Lescott, Clichy, Barry, Toure, Milner (Kolarov 88'), Silva, Aguero (Nasri 76'), Balotelli (Dzeko 70')

(Sumber Detiksport)

1 komentar:

[code]